Subscribe Us

Responsive Advertisement

Advertisement

Pengertian Tentang Penyakit Jantung Koroner

Pengertian Tentang Penyakit Jantung Koroner

Pengertian Tentang Penyakit Jantung Koroner

Pengertian Tentang Penyakit Jantung Koroner - Penyakit jantung koroner (PJK) adalah type penyakit yang paling umum dari penyakit jantung serta penyabab kematian teratas untuk pria ataupun wanita didunia. Satu data dari pusat pengendalian serta mencegah penyakit Amerika mengatakan penyakit ini sudah membunuh lebih dari 370. 000 orang tiap-tiap tahunnya. 

Penyakit jantung koroner berlangsung saat pembuluh arteri yang memasok darah ke jantung mengeras serta menyempit karena penimbunan cholesterol serta zat yang lain atau lebih di kenal dengan plak. Saat plak makin menumpuk serta menyumbat aliran darah, jantung tidak memperoleh supply darah, oksigen serta nutrisi perlu yang lain yang diperlukan jantung untuk berperan dengan normal. Penyakit jantung koroner merupakan satu dari macam-macam penyakit jantung yang berbahaya.

Gejala Penyakit Jantung Koroner 


Penyakit jantung adalah penyakit degeneratif dalam makna penyakit jantung koroner memerlukan saat yang lama dalam sistem pembentukan serta penimbunan plak di pembuluh arteri. 

Tanda serta gejala penyakit jantung koroner mencakup : 


  1. Nyeri dada (angina) 
  2. Sesak napas 
  3. Serangan jantung 

Stres dengan fisik ataupun dengan emosional bisa menyebabkan sesak serta rasa tidak nyaman di dada Anda, merasa seperti ada desakan pada dada. Rasa nyeri ini dimaksud angina, ini adalah tanda atau gejala dari penyakit jantung koroner. Nyeri dada yang https://totopelangi.xyz berlangsung waktu Anda beraktivitas fisik yang berat serta hilang sesudah beristirahat juga adalah keunikan dari angina. 

Bila Anda alami sesak napas atau terasa begitu lelah yang terlalu berlebih sesudah lakukan berolahraga atau aktivitas fisik yang lain dapat juga jadi tanda ada penyumbatan pada pembuluh arteri koroner jantung Anda. 

Bila penyumbatan pada arteri koroner sudah menutupi semua jalur darah, jadi resiko berlangsung serangan jantung juga makin besar. Serangan jantung umumnya diikuti rasa nyeri pada bahu atau lengan kiri Anda atau rasa sesak (rasa di tekan dengan kuat) pada daerah dada. 

Bila sudah alami gejala penyakit jantung koroner serta mencurigai Anda sudah alami serangan jantung, selekasnya berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter juga akan meyakinkan kesehatan jantung Anda dengan lakukan sebagian tes atau kontrol. 

Cara Mendiagnosis Penyakit Jantung Koroner 

Di bawah ini sebagian prosedur yang umum dikerjakan oleh dokter untuk meyakinkan Anda menanggung derita PJK atau bersiriko tinggi menanggung derita PJK. 

  1. Elektrokardiogram (ECG atau EKG) untuk lihat apakah Anda sempat alami serangan jantung. 
  2. Echocardiogram untuk lihat serta mengukur tingkat peranan jantung 
  3. Kateterisasi jantung atau angiogram untuk mengecek aliran darah yang lewat jantung Anda. 
  4. Computerized tomography (CT) scan pada organ jantung Anda untuk mengecek tumpukan plak di arteri Anda. 
  5. Magnetic resonance angiography (MRA), memakai tehnologi MRI untuk mencari penyumbatan pada pembuluh darah. 

Penyebabnya serta Aspek Resiko Penyakit Jantung Koroner 


Penimbunan plak pada arteri koroner umumnya di sebabkan karna ada rusaknya pada dinding sisi dalam arteri koroner serta hal semacam ini dapat tejadi mulai sejak masa kanak-kanak. Rusaknya ini umumnya di sebabkan karna : 

  • Rutinitas merokok 
  • Menanggung derita penyakit darah tinggi 
  • Tingkat Cholesterol yang tinggi 
  • Menanggung derita penyakit diabetes 
  • Therapy radiasi untuk penyembuhan penyakit kanker (di daerah dada) 
  • Pola hidup yg tidak aktif (malas olahraga) 
  • Kisah keluarga pasien penyakit jantung koroner 
  • Kegemukan atau obesitas 
  • Tingkat stes yang tinggi 

Beberapa peneliti juga pelajari beberapa aspek beda yang bisa mengakibatkan penyakit jantung koroner seperti 

  • Penambahan trigliserida 
  • Homocystein tinggi 
  • Penambahan lipoproterin-a 


Bila Anda memilki sebagian aspek resiko penyakit jantung koroner, seperti merokok atau memiliki desakan darah tinggi selekasnya periksakan diri Anda ke dokter agar Anda dapat selekasnya memperoleh perlakuan untuk kurangi resiko di masa depan seperti turunkan desakan darah tinggi atau kandungan cholesterol yang tinggi.

Posting Komentar

0 Komentar