Subscribe Us

Responsive Advertisement

Advertisement

Pengertian Penyakit Kelainan Katup Jantung

Pengertian Penyakit Kelainan Katup Jantung
Pengertian Penyakit Kelainan Katup Jantung

Pengertian Penyakit Kelainan Katup Jantung

Pengertian Penyakit Kelainan Katup Jantung - Katup jantung atau klep jantung yaitu arti yang mirip gerbang atau pintu satu arah yang ada pada jantung, persisnya diantara empat ruang pada jantung serta pembuluh darah. Katup jantung berperan melindungi aliran darah yang datang dari semua badan yang ada didalam jantung ataupun yang keluar dari jantung jalan dengan benar. 

Ada empat katup jantung yang semasing terdapat : 

  1. Diantara serambi (atrium) kanan dengan bilik (ventrikel) kanan, bernama katup trikuspid. 
  2. Diantara serambi kiri dengan bilik kiri, bernama katup mitral. 
  3. Diantara bilik kanan dengan arteri pulmonaris (pembuluh yang membawa darah menuju paru-paru untuk peroleh oksigen), bernama katup pulmonal. 
  4. Diantara bilik kiri dengan aorta (pembuluh yang membawa darah diisi oksigen dari jantung ke semua badan), bernama katup aorta. 


Penyakit katup jantung yaitu penyakit yang keluar karena ada kelainan atau masalah pada satu diantara atau lebih dari ke-4 katup jantung diatas hingga darah susah mengalir ke ruang atau pembuluh darah setelah itu, atau beberapa aliran berbalik ke ruang terlebih dulu. 

Penyebabnya Penyakit Katup Jantung 


Katup jantung bekerja setiap kali jantung manusia berdetak. Katup mitral serta katup trikuspid terbuka berbarengan dengan darah yang masuk kedalam bilik jantung, lalu ke-2 katup tutup kembali. Bilik jantung lalu memompa darah keluar lewat katup pulmonal serta aorta yang lalu tutup sesudah darah keluar dari ke-2 bilik jantung. Mekanisme yang berulang ini bisa terganggu saat katup jantung tidak bisa bekerja dengan baik. 
Ada dua masalah paling utama pada katup jantung yang bisa mengakibatkan munculnya penyakit seperti tidak berhasil jantung, yakni : 


  • Stenosis katup jantung, masalah ini berlangsung saat katup jantung tidak bisa terbuka dengan baik karena katup sebagai kaku, menebal, atau sama-sama melekat. Keadaan ini buat darah tidak bisa mengalir ke ruang setelah itu atau semua badan yang lalu menyebabkan beragam jenis tanda penyakit jantung pada penderitanya. Kondisi ini bisa berlangsung pada ke-4 katup jantung hingga penyakitnya diberi nama ikuti nama katup jantung yang terserang masalah, seperti stenosis katup trikuspid. 
  • Insufisiensi katup jantung atau regurgitasi, biasanya di kenal dengan arti katup jantung bocor, yaitu keadaan katup jantung yg tidak bisa tutup dengan baik atau tidak kembali pada tempat awal mulanya. Keadaan ini buat darah mengalir kembali pada ruang jantung terlebih dulu hingga menyebabkan menyusutnya jumlah darah yang dialirkan ke semua badan. Kondisi ini dapat juga berlangsung pada ke-4 katup jantung seperti pada masalah stenosis katup jantung yang bisa menyebabkan rusaknya otot jantung. 


Sebagian penyebabnya timbulnya penyakit katup jantung pada seorang terkadang tidak bisa di ketahui serta kadang-kadang adalah akibatnya karena penyakit beda, seperti sifilis, penyakit jaringan ikat, desakan darah tinggi, kardiomiopati, serangan jantung, penyakit arteri koroner, tumor, radiasi, obat-obatan spesifik, serta aneurisma aorta. 

Penyebabnya beda termasuk juga kelainan pada katup jantung yaitu penyakit bawaan, yakni penyakit katup jantung kongenital. Pada keadaan ini katup bisa mempunyai bentuk serta ukuran daun katup yg tidak normal, maupun tidak melekat dengan benar. Pada bicuspid aortic valve disease, jumlah daun katup jantung cuma terbagi dalam dua katup serta bukannya tiga. Keadaan ini menyebabkan katup tidak bisa buka atau tutup dengan baik.

Posting Komentar

0 Komentar